PENYERBUKAN ANGGREK

PENYERBUKAN ANGGREK

Penyerbukan berdasarkan asal benang sarinya dapat di bedakan menjadi 4, yaitu:
1. Penyerbukan Sendiri (autogami)
     Penyerbukan sendiri adalah menempelnya serbuk sari dari suatu bunga pada kepala putik bunga itu sendiri. Penyerbukan sendiri tidak menghasilkan keturunan yang bervariasi dan biasanya terjadi ketika bunga belum mekar.
2. Penyerbukan tetangga (geitonogami)
    Penyerbukan tetangga adalah menempelnya serbuk sari dari suatu bunga pada kepala putik bunga lain yang masih berada pada satu tanaman.
3. Penyerbukan silang (alogami)
    Penyerbukan silang adalah menempelnya serbuk sari dari suatu bunga pada kepala putik yang lain berada pada tumbuhan lain yang sejenis. Penyerbukan silang sering disebut persilangan. Persilangan dapat menimbulkan variasi keturunan karena terjadi perpaduan sifat dari dua tumbuhan induknya, seperti persilangan antara bunga merah dengan bunga putih dapat menghasilkan bunga merah, merah muda, dan putih.
4. Penyerbukan bastar
    Penyerbukan bastar ini bisa terjadi apabila serbuk sari suatu bunga jatuh ke putik bunga tumbuhan lain yang berbeda varietasnya. Tujuan penyerbukan bastar ini adalah untuk menggabungkan sifat yang dikehendaki dari dua jenis tumbuhan dalam satu tumbuhan yang baru.

cara melakukan penyerbukan juga ternyata mudah, tetapi tetap harus dilakukan dengan hati-hati, menggunakan tusuk gigi dan jangan sampai tersentuh oleh tangan benang sarinya.
1. Pertama-tama pilih bunga yang masih belum disebuki
2. Siapkan tusuk gigi dan tempat untuk meletakkan serbuk sari
3. Buka kepala putik dengan tusuk gigi dan letakkan di tempat (piring kecil)
4. Masukkan serbuk sari ke lubang di bagian bawah kepala putik
5. Buang alat kelamin jantan bunga, agar tidak diserbuki lagi oleh serangga
6. Berikan label :nama, tanggal, jam, jenis penyerbukan



 

7. Gambar proses penyerbukan tetangga


 

8. Penyerbukan berhasil, dengan ditandai tangkai bunga tetap berwarna hijau walaupun kelopak bunga sudah layu dan menguning.


9. Penyerbukan tidak berhasil, dengan ditandai tangkai bunga dan kelopak bunga layu dan menguning

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasca Panen Kelapa