Efek Magang



    Magang bagi siswa SMK dianggap perlu dilakukan untuk menambah wawasana, pengalaman, keterampilan, membentuk jiwa kepemimpinan dan melatih agar siwa-siswi mampu bekerja. Hal ini dianggap perlu dikakukan apalagi bagi siswa-siswi SMK di bidang perkebunan
     Magang dilakukan bagi siswa kelas XI di Dunia Usaha/Dunia Industri dilaksanakan selama kurang lebih 3 bulan, mulai tanggal 2 Februari sampai dengan 9 Mei 2016. Ada lima perusahaan yang bekerja sama dengan SMKN 1 Teluk Sampit, yaitu: PT. SKD, PT. Mustika Sembuluh, PT. KMA Selatan, PT. MSM dan PT. NSP.
Adapun tujuan magang adalah:

  1. Mengaplikasikan teori yang telah didapatkan di sekolah
  2. Mendapatkan pengalaman kerja
  3. Mengenali iklim dan suasana kerja
  4. Mengembangkan rasa percaya diri dan tanggung jawab

Sedangkan keuntungan yang didapatkan selama magang adalah:

  1. Dapat meningkatkan pengalaman kerja
  2. Meningkatkan motivasi
  3. Mebentuk karakter dan disiplin serta tanggung jawab terhadap diri sendiri dan orang lain
  4. Menciptakan kemandirian

      3 bulan tidak terasa sudah berlalu dan penjemputan siswa magang dilakukan. Penjemputan di mulai tanggal 9 Mei 2016, Penjemputan siswa yang magang di PT. SKD dan PT. Mustika Sembuluh.
Penjemputan kedua dilaksanakan pada taggal 11 Mei 2016, penjemputan siswa magang di  PT. KMA Selatan dan PT. MSM. Kemudian penjemputan ketiga dilaksanakan pada tanggal 12 Mei 2016, di PT. NSP.
     Begitu banyak yang di dapatkan siswa dan siswi selama melaksanakan magang pada perkebunan sawit, salah satunya di PT. KMA Selatan banyak yang siswa dapatkan, mulai dari pengetahuan di lapangan hingga pembuatan laporan kegiatan selama dilapangan. Setiap minggunya mereka diharuskan mempresentasikan dan melaporkan hasil apa saja yang telah mereka capai selama satu minggu bekerja dilapangan. Pada saat penjemputan kami di suguhkan penampilan siswa dan siswi dalam presentasi laporan mereka, kagum kami dibuatnya.


    Siswa-siswi kami di ajarkan cara memperentasikan hasil laporan mereka satu persatu. Banyak perubahan yang didapatkan siswa dan siswi. yang dulunya sulit bersosialisasi, pendiam, kurang disiplin dan pemalas. Sekarang siswa dan siswi pandai bergaul, disiplin, bertanggung jawab, bekerja keras dan lebih menghargai orang lain. 
    Harapan kami siswa dan siswi nantinya dapat menerapkan ilmu yang didapatkan selama berada di perkebunan sawit. 
   Terima kasih tak terhingga kami ucapkan kepada semua pihak khususnya perusahaan yang telah bekerjasama dengan SMKN 1 Teluk Sampit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasca Panen Kelapa