Buah dari Kesabaran dan Semangat

KESABARAN MEMBUAHKAN HASIL

Pada awal bulan April saya menerima SK CPNS dan di tempatkan di SMK Negeri 1 teluk Sampit. sekolah baru saya punya lahan yang luas tetapi masih di tumbuhi gulma yang tinggi, saat saya berada di sebelahnya saja gulma itu tingginya melebihi saya. Muncul ide yang membuat saya bersemangat untuk melakukan sesuatu untuk memajukan sekolah baru yang saya tempati sekarang.
Lahan luas yang dimiliki SMK, sangat luas dan dibiarkan di penuhi dengan gulma, hati saya tergerak untuk mengajak anak-anak untuk mengolah lahan kosong tersebut. Saat itu juga musim kemarau, saya mengajak anak-anak membersihkan gulma dengan cara menebas. Saat yang tepat kami melakukan pembersihan lahan di saat musim kemarau, karena di musim penghujan lahan tersebut seperti rawa yang di penuhi air hingga lutut.
Tapi ada yang aneh, lahan yang di tumbuhi gulma perupuk (istilah masyarakat sekitar menyebutnya) sulit untuk di tebas, karena terlalu tebal atau karena alatnya yang tidak tajam. 




Kemudian esok harinya kami lanjutkan membersihkan lahan yang tidak selesai di tebas hari sebelumnya sambil membagi lahan pada siswa. Masing-masing siswa mendapatkan lahan dengan panjang 35 m dan lebar 3,5 m. Hari ini kami lanjutkan kembali untuk membersihkan lahan, saya memukul lonceng untuk mengumpulkan siswa di lapangan seperti biasanya, tetapi ada yang aneh siswa tiba-tiba berjatuhan satu persatu. saya mulai bingung, anak -anak yang pingsan berteriak-teriak agar jangan lagi membersihkan lahan baru tersebut. Singkat cerita, akhirnya dicarilah orang yang mampu menangani masalah tersebut yang apabila di pikir secara logika itu tidak mungkin. ternyata anak-anak kesurupan dan selama 2 minggu kami tidak membersihkan lahan tersebut. Setelah dilakukan ritual terhadap lahan yang baru di buka itu, maka pembersihan lahan dan pengolahan lahan dapat dilakukan dan berjalan lancar.





 









Sekarang kami punya kebun pepaya yang cukup luas di SMKN 1 Teluk Sampit dan siswa -siswi belajar bekerja keras dan tanggung jawab atas lahan mereka masing-masing. Akhirnya siswa dapat mendapatkan ilmu yang dapat di terapkannya di masyarakat nantinya. selain teori, praktik juga sangat penting bagi siswa-siswi SMK.
Sebuah perjuangan, kerja keras, dan kesabaran akan membuahkan hasil yang memuaskan.

  







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasca Panen Kelapa